Tuesday 2 December 2014

TATA CARI NAIK KERETA API DI JEPANG

1) Kategori Kereta Api

Semua jenis Kereta api Jepang, Dari lokal sampai Shinkansen, biasanya diklasifikasikan dalam kategori berikut:
普通 Kereta api Local (Kakueki-teisha atau Futsu-Densha)
Kereta api lokal berhenti di setiap stasiun.
快速 Kereta api cepat (Kaisoku)
Kereta api cepat melewati beberapa stasiun. Tidak ada perbedaan dalam harga tiket antara kereta local dan cepat.
急行Kereta api Express (Kyuko)

Kereta Express berhenti di stasiun bahkan lebih jarang dari kereta cepat. Japan Railways (JR) mengambil tarif tambahan di samping tarif dasar.


特急 Kereta api Limited Express (Tokkyu)

Kereta api Limited Express berhenti hanya di stasiun besar. biaya Kereta api Limited Express biasanya harus dibayarkan di samping tarif dasar. Hal ini biasanya antara 500 dan 4000 yen. Kereta api JR perusahaan selalu membebankan biaya ini, tetapi beberapa perusahaan kereta api swasta lainnya tidak.
新幹線 Kereta api Super Express (Shinkansen)Shinkansen hanya dioperasikan oleh JR. Shinkansen dijalankan di sepanjang jalur dan platform yang terpisah. Biaya ekspres terbatas harus dibayar di samping tarif dasar. Hal ini biasanya antara 800 dan 8000 yen.

2) Kategori Kursi
JR menawarkan pilihan antara dua kelas,reguler dan green (kelas satu), di Shinkansen, di Kereta api Limited Express dan sejumlah kecil kereta api yang lebih lambat lainya. kereta api green (kelas satu) kurang ramai dan menawarkan kursi yang lebih luas, tetapi biasanya 30% sampai 50% lebih mahal daripada kelas reguler.Kebanyakan Shinkansen dan kereta api ekspres terbatas membawa non-reserved (Jiyu-seki) dan kursi yang sudah di pesan (shitei-seki) , sementara beberapa membawa kursi yang disediakan saja.Kursi di kereta api green (kelas satu) sering semuanya sudah dipesan. Di kereta api lokal, express dan Kereta api Limited Express semuanya kursi non-reserved.
Untuk pemesanan kursi biayanya sekitar 300 sampai 700 yen, tetapi bisa bebas biaya pemesanan jika menggunakan Jepang Rail Pass.Pada sejumlah kecil kereta api jarak jauh Merokok dan ruangan bebas rokok disediakan. tapi pada semua kereta api yang lain, merokok tidak diizinkan.

 
Mesin pembelian tiket dan peta jalur kereta api dan stasiun.

3) Membeli TiketTiket untuk perjalanan jarak pendek lebih enak dibeli di mesin penjual, sementara tiket dan pemesanan kursi untuk perjalanan jarak jauh dapat dibeli di counter tiket di stasiun kereta.a) Pembelian tiket di mesin penjual1. Temukan tujuan Anda dan ongkos yang sesuai pada peta di atas mesin penjual otomatis. Peta menunjukkan jalur kereta dan stasiun daerah. Harga tiket ditampilkan di samping pada setiap stasiun.2. Masukkan uang ke dalam mesin penjual otomatis. Kebanyakan mesin menerima uang koin yen 10, 50, 100 dan 500 dan tagihan dari 1000 yen. Banyak mesin juga menerima tagihan lebih besar.3. Pilih jumlah tiket yang ingin Anda beli. Default adalah satu, jadi jika Anda bepergian sendirian, Anda dapat melewatkan langkah ini.4. Tekan tombol yang menunjukkan jumlah untuk tiket Anda.5. Ambil tiket dan uang kembalian.


Kadang-kadang nama stasiun pada peta ditulis hanya dalam bahasa Jepang. Jika Anda tidak dapat menemukan tujuan Anda dengan tarif yang sesuai, Anda dapat membeli tiket dengan harga serendah mungkin, dan bayar selisih di fare adjustment machine di stasiun tujuan.

b) Pembelian tiket di loket tiket
Dalam rangka untuk membeli tiket, Anda perlu memberikan informasi mengenai jumlah penumpang, tanggal perjalanan, stasiun keberangkatan, stasiun tujuan reguler atau Green (kelas Satu).Preferensi kursi dicadangkan atau non-reserved.
Jika Anda ingin memesan tempat duduk, Anda perlu memberikan informasi tambahan berikut:Nama kereta api dan nomor atau waktu keberangkatan kereta.
Preferensi kursi untuk merokok atau non-merokok
Jika Anda tidak bisa berbicara bahasa Jepang dan ada antrian, dianjurkan untuk Anda menulis data pada selembar kertas dan menyampaikannya kepada penjual untuk membuat proses pembelian lebih mudah. Bentuk khusus untuk tujuan itu (beberapa dalam bahasa Inggris) sebenarnya disediakan di beberapa stasiun, tapi jarang digunakan oleh pelanggan.


4) Memasuki Zona Penumpang Bertiket.


Setelah membeli tiket, Anda dapat melanjutkan melalui gerbang tiket. Di gerbang tiket otomatis, yang pastinya stasiun yang sibuk, masukkan tiket ke dalam slot, berjalan melalui pintu gerbang dan ambil tiket di sisi lain. Jika Anda memasukkan tiket dengan salah, gerbang akan menutup dan alarm akan berbunyi.










Jika Anda memiliki Pass Jepang Rail, Anda tidak dapat menggunakan gerbang otomatis, tetapi harus melewati manned gate, dan menunjukkannya kepada staf stasiun.

Agar dapat mengakses platform Shinkansen, Anda harus melewati set kedua atau terpisah dari gerbang tiket. Biasanya ada tanda petunjuknya.




Penumpang menunggu di garis pada platform

5) Platfrom Stasiun

Cari platform Anda dengan mencari jalur kereta dan arah. Tanda-tanda yang paling penting adalah ditulis dalam bahasa Jepang dan Inggris, dan ada juga yang ditulis dalam bahasa Cina dan Korea.Pada banyak platform, tanda di lantai menunjukkan di mana pintu-pintu kereta tiba akan berlokasi. penumpang yang menuggu kereta akan berbaris di balik tanda. Masinis kereta dilatih untuk berhenti dalam sentimeter.

Dalam kasus kereta api jarak jauh, tanda tambahan akan menunjukkan jumlah kereta dan apakah itu kereta reguler atau Green, dan apakah itu reserved atau non-reserved, dan kursi merokok atau non-merokok.

6) Di Dalam Kereta

Tunggu penumpang untuk keluar sebelum memasuki kereta.Berhati-hatilah untuk tidak memblokir pintu di stasiun, terutama jika kereta ini penuh sesak. Masukan ransel di lantai atau ke rak bagasi.Sebagian besar penumpang di kereta api Jepang mereka gunakan untuk membaca, tidur atau menggunakan ponsel mereka untuk mengirim pesan, browsing web atau bermain game. Berbicara ditelepon seluler di dalam kereta api, bagaimanapun, adalah dilarang, kecuali di bagian pintu masuk Shinkansen dan kereta api Express Limited.Stasiun yang akan datang dan garis yang menghubungkan akan diumumkan dalam bahasa Jepang. Pada Shinkansen dan beberapa jalur lain yang sering digunakan oleh pengunjung asing, pengumuman juga dibuat dalam bahasa Inggris.
Shinkansen dan kereta api baru lainnya memiliki tanda elektronik di setiap kereta api ditampilkan di stasiun tujuan.

7).Di stasiun tujuan. 

Nama stasiun pada platform ditulis dalam kanji, hiragana, dan bahasa Inggris. Nama-nama stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan juga ditulis.Di tempat tujuan Anda, tinggalkan zona penumpang bertiket melalui gerbang tiket dengan cara yang sama seperti yang Anda masuk. Ketika membayar dengan satu tiket, tiket masih dipertahankan dalam mesin saat keluar.Jika Anda tidak membayar ongkos yang benar untuk stasiun tujuan Anda, Anda harus membayar kekurangannya di mesin "Harga Penyesuaian" sebelum meninggalkan gerbang. Jika tidak ada mesin seperti itu, Anda dapat membayar perbedaan di gerbang tiket.

No comments:

Post a Comment