Wednesday 26 November 2014

Replika Makanan Khas Jepang



Mungkin Replika makanan seperti ini sangat jarang kita temukan di indonesia, namun apabila kalian sedang tour jepang makan kalian pasti mudah menemukannya. Replika makanan plastik dapat kita lihat di jendela-jendela restaurant di Jepang. Mulai yang terbuat dari lilin sampai yang plastik. Replika yang terbuat dari plastik sebagian besar terbuat dari tangan menggunakan Polyyinyl Chliride dan secara hati-hati dibentuk sesuai bentuk makanan diatas piring.





Model disesuaikan dengan kebutuhan restaurant atau bisa dibentuk untuk keperluan umum seperti ramen yang bisa dimodifikasi sesuai sajian restaurant tertentu. Proses pembuatannya pun hampir sama seperti memasak makanan sesungguhnya.

Teknik pengerjaan replika makanan ini telah dinaikkan levelnya dalam bentuk seni. Replika makanan plastik Jepang yang dibuat oleh perusahaan Maizuru dipamerkan di Victoria and Albert Museum , London pada tahun 1980.

Kemudian kompetisi rutin diadakan dalam membuat hidangan makanan palsu dari plastik dan bahan lainnya. Menampilkan makanan disebut sampuru (サンプル ? ), berasal dari kata bahasa Inggris “sampel”.

Para perusahaan Replika makanan plastik ini memiliki rahasia dagang mereka sebagai bisnis yang menguntungkan. Industri replika makanan ini sendiri dengan perkiraan konservatif memiliki pendapatan milyaran yen per tahun. Sebuah restaurant dapat memesan replika menu lengkap mereka dengan biaya lebih dari satu juta yen.

No comments:

Post a Comment