Tuesday 30 September 2014

Pekerjaan Sampingan ( Baito ) Para Siswa Di Jepang

Lebih dari dua-pertiga dari mahasiswa Jepang bekerja paruh waktu  atau yang juga dikenal dengan istilah Baito . Dengan begini, mahasiswa di Jepang dapat membeli sesuatu yang mereka inginkan dari hasil gaji Baito mereka ditambah dengan uang jajan mereka.
Untuk mencari tempat kerja sampingan di Jepang ini butuh keberanian, karena sedikitnya tempat kerja yang mau menyediakan part-time. Kebanyakan lowongan kerja yang dibuka di Jepang ini merupakan full time yang ditujukan untuk mahasiswa yang telah lulus. Lalu bagaimana cara seorang mahasiswa dapat bekerja secara paruh waktu?
situs Jepang Rekrut Jobs telah menyusun daftar kecil pekerjaan paruh waktu dari gaji yang terbaik sampai yang terburuk di Jepang. Pekerjaan itu antara lain :
1) Menjadi Guru Les Private
Upah per jam: ¥ 1.279 (US $ 12,40) ( Rp 127.900 )
Mungkin tidak mengejutkan, bayaran tertinggi dipegang oleh pekerjaan menjadi guru private ini, di Jepang sendiri dikenal dengan sebutan juku yang disebut “cram schools” menawarkan kuliah tambahan di malam hari dan akhir pekan. Industri ini adalah bisnis besar: hampir semua-sekolah tinggi belajar untuk ujian masuk universitas akan menghadiri juku.
juku-teacher
2) Staf Promosi
Upah per jam: ¥ 1.232 ($ 11,93) ( Rp 123.200 )
Dikenal sebagai kyanpeen sutaffu (“staf kampanye”) di Jepang, pekerjaan ini juga memungkinkan jculers untuk mau menjual jiwa jculers ( terutama yang wanita ) untuk memakai seragam dengan warna yang sama. Pekerjaan ini menuntut jculers untuk – jujur – cantik – dan menarik perhatian.
au-girls
atau bahkan jculers bisa menjadi perwakilan kota di Jepang.
wakayama-city
3) Staf Pachinko
Upah per jam: ¥ 1.172 ($ 11,35) ( Rp 117.200 )
Staf yang bekerja di lorong-lorong pachinko, bisa menambah daftar pekerjaan sampingan ini dengan harapan di gaji ¥ 1.172 per jam. Sepertinya itu cukup setimpal dengan efek kebisingan memekakkan telinga dan suasana sangat berasap ( rokok ) . Bagi jculers yang tidak kuat dengan asap rokok , tempat ramai dan bising.. disarankan untuk mencari pekerjaan lain saja.
electric_city_akihabara_pachinko
Untung saja pemilik Pachinko tidak membayar gaji staff disini dengan Pachinko ball
pachinko_balls
Dan sampailah kita pada pekerjaan dengan upah terendah yang disebut “mode penasehat” (yaitu, asisten toko pakaian) hanya mendapatkan ¥ 919 ($ 8,90) ( Rp 90.190 ) per jam, staff toko rata-rata diberi upah ¥ 879 ($ 8,51 ) ( Rp 87.900 ), dan pekerja di restoran cepat saji rata-rata mendapatkan ¥ 900 per jam ($ 8,71) ( Rp 90.000 ).
SANYO DIGITAL CAMERA

No comments:

Post a Comment